What’s new in Jakarta 2016? RPTRA Kalijodo!

 

Kita semua patut berbangga dan bersyukur, di tahun 2016 ini, Jakarta mempunyai icon baru yaitu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo. Kalijodo adalah mimpi Calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Ahok yang mulai terwujud.

Kalijodo

Ahok-Djarot berhasil mengubah  bentuk dan citra Kalijodo dari yang dulunya adalah kawasan prostitusi terbesar di Jakarta menjadi arena skate dan BMX park bertaraf internasional di Indonesia. Apa saja sebenarnya fasilitas di RPTRA Kalijodo? Mari kita lihat bersama.

  1. Arena skate park
    Arena skate park di Kalijodo sudah rampung dan fungsional. Saat ini, setiap sore hari tampak anak-anak muda bermain skateboard di arena tersebut.
     
  2. Arena sepeda BMX
    Arena BMX ini akan menjadi lokasi baru untuk atlet pesepeda BMX untuk berlatih. Masyarakat DKI jakarta pun berkesempatan menjajal arena ini karena terbuka untuk umum. Tampak dalam gambar, warga menikmati arena BMX di Kalijodo. 
    Kalijodo
    Ahok dan anaknya, Sean Nicholas sempat menjajal arena ini pada kunjungannya di masa kampanye.
     
  3. Mushola unik
    Fasilitas ibadah bagi umat Muslim di Kalijodo juga tersedia. Ada 2 mushola yang telah dibangun. Satu terletak di RPTRA Kalijodo yang dapat menampung lima orang, sementara itu, satu lagi mushola terletak di RTH Kalijodo. Mushola yang terletak di RTH berukuran cukup besar dengan desain unik.

    Mushola di RTH kalijodo sebesar 8x8 meter persegi yang dilengkapi dengan dua tempat wudhu untuk perempuan dan laki-laki. Kapasitas mushola ini lebih dari 20 orang.

     
  4. Tempat jajanan
    Jangan khawatir kamu bakal kelaparan di RTH Kalijodo. Disana terdapat 10 tempat jajanan yang tersebar dan berukuran sedang. Saat ini bentuk fisiknya sudah selesai dibangun, dilengkapi kursi memanjang untuk warga nongkrong dan tak lupa pula, tempat sampah.
     
  5. Outdoor gym
    Fasilitas olahraga luar ruang (outdoor gym) di Kalijodo terletak didekat tempat jajanan. Kita bisa melakukan berbagai macam olahraga tanpa harus ke tempat fitness mahal.
     
  6. Lapangan Futsal
    Kalijodo

    Lapangan futsal di RPTRA kalijodo sudah rampung pengerjaannya. Kini, masyarakat Jakarta dapat bermain futsal tanpa perlu khawatir bola yang nyasar ke kaca tetangga, atau khawatir tertabrak kendaraan akibat bermain futsal di jalanan. Ahok-Djarot telah menyediakan fasilitas futsal berstandar internasional di Kalijodo.
     
  7. Toilet ber-AC dan toilet khusus difabel
    Di kawasan Kalijodo, pemerintahan Ahok-Djarot membangun 3 toilet: 2 di RPTRA, 1 di RTH. Toilet yang berada di RPTRA seperti pada umumnya. Sementara toilet yang berada di RTH lebih menarik karena dilengkapi dengan AC.  Selain toilet ber-AC, ada juga toilet khus untuk kaum difabel. Pemprov DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Ahok-Djarot tahun 2016 ini membangun masing-masing satu toilet untuk laki-laki dan perempuan kaum difabel.
     
  8. Amphitheater
    Kalijodo

    Fasilitas lainnya adalah amphitheater yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan pertunjukkan, kesenian dan kebudayaan bagi masyarakat DKI Jakarta.
     
  9. Taman bermain anak-anak
    Taman bermain anak-anak adalah fasilitas utama di RPTRA Kalijodo. Fasilitas alat bermain di RPTRA juga berstandar internasional dengan kualitas terjamin.


Itu dia, hal-hal baru yang ada di Jakarta tahun ini, tepatnya di kawasan Kalijodo. Di bawah pemerintahan Ahok-Djarot, Jakarta bertransformasi menjadi Ibukota yang lebih baik.