Demokrasi dalam Infrastruktur Kehidupan Jakarta

 

Demokrasi yang populer dengan pengertian “dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat” merupakan salah satu fondasi penting di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demokrasi intinya mengatakan bahwa rakyat merupakan elemen yang tidak terpisahkan dalam pemerintahan. Dalam hal ini, kepemimpinan Ahok-Djarot telah memperhatikan pentingnya masukan dari rakyat seperti melalui aplikasi Qlue dan pembangunan Taman Pandang Istana.
 
Dari Rakyat: Warga Ikut Melaporkan Keluhan
 Penggunaan aplikasi handphone Qlue sebagai sarana untuk pelaporan keluhan masyarakat merupakan sebuah terobosan yang inspiratif bagi masyarakat untuk melaporkan keluhan mereka. Perlu diketahui bahwa dulu, penggunaan teknologi untuk mendukung pelaporan keluhan masyarakat belum dilakukan dengan baik. Saat ini, masyarakat pun bisa melihat dengan transparan, sejauh mana laporan mereka ditindaklanjuti. Dengan demikian, warga juga didorong untuk ikut serta memperhatikan situasi lingkungan di sekitar mereka dengan lebih baik lagi.
 
Dari Rakyat: Warga Memiliki Area untuk Menyalurkan Aspirasi 
Di samping itu, pembangunan Taman Pandang Istana sebagai tempat menyalurkan ide demokrasi yang unik patut mendapatkan apresiasi. Taman yang terletak di barat laut Monumen Nasional (Monas) ini dibangun sebagai sarana bagi masyarakat yang ingin melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka. Selain itu, area ini dapat menjadi tempat untuk menyalurkan aspirasi melalui kegiatan yang bersifat kreatif dan kolaboratif.
 
Pembangunan taman ini diharapkan dapat mengurangi efek samping dari kegiatan demonstrasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini kegiatan demonstrasi sering menyebabkan atau memperparah kemacetan di jalan. Harapannya pembangunan taman untuk menyalurkan aspirasi ini juga bisa mengurangi kemacetan di jalan.
 
Hal lain yang unik dari Taman Pandang Istana adalah elemen seninya. Taman ini didesain khusus oleh seniman Yasser Rizky, dengan dekorasi lampion berwarna warni, dinding grafiti bergambar pahlawan Indonesia dan  kutipan-kutipan inspirasional pahlawan Indonesia. Selain itu, ruang terbuka hijau ini juga mempunyai konstruksi yang ramah lingkungan. Pembangunan taman ini menggunakan teknologi ThruCrete yaitu beton yang berpori sehingga memiliki kemampuan meresap air yang lebih baik.