Sudah Termasuk dalam Daftar Pemilih? Pantau Di Sini Yuk!

 

Pesta demokrasi Ibu Kota dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 akan segera dimulai pada Februari 2017 mendatang. Pemilihan Kepala Daerah ini menjadi momentum bagi warga Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya. Sudahkah kamu terdaftar dalam daftar pemilih di KPU? Yuk, cek cara pengecekannya di bawah ini!
 
Manual
Melihat langsung lembaran daftar pemilih yang ditempel di kantor desa/kelurahan masing-masing oleh Panitia Pemungutan Suara. Hal ini hanya bisa dilakukan ketika data Daftar Pemilih Tetap sudah tersedia oleh kelurahan.
 
Online
Langkah pengecekan daftar pemilih secara online untuk Daftar Pemilih Sementara dapat dilakukan di laman KPU (https://pilkada2017.kpu.go.id/pemilih/dpt/DKI JAKARTA) dengan cara memilih provinsi, lalu memasukan nama/NIK pada kolom yang tersedia di menu berikutnya. Jika nama kamu belum tertera, maka kamu perlu melaporkan diri kepada petugas untuk segera didaftarkan.

Namun ada pembaharuan menggembirakan yang akan diterapkan KPU per-2017 ini, yaitu jaminan bahwa pemilih yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap masih dapat menggunakan hak pilihnya sepanjang memiliki e-KTP. Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Hak pilih digunakan sesuai area TPS berdasarkan alamat yang tertera dalam e-KTP pemilih.
  • Bagi calon pemilih yang belum memiliki e-KTP dan belum terdaftar dalam daftar pemilih dapat menggunakan surat keterangan dari Disdukcapil yang menyatakan bahwa proses perekaman data e-KTP tengah berjalan dan pemilih belum memiliki e-KTP fisik.
  • Bagi pemilih yang dipastikan tidak berada di wilayah pilihnya namun masih berada di area Jakarta pada waktu pemilihan, ia dapat menggunakan hak pilihnya di tempat di mana ia berada dengan sebelumnya melengkapi surat pindah (formulir A5) dari PPS asal sesuai alamat di KTP, paling lambat dua minggu sebelum waktu pemilihan.

Lakukan pengecekan dari sekarang untuk mengantisipasi hangusnya suaramu dalam Pilkada 2017 ini dan pastikan kamu sudah terdaftar. Mari gunakan hak kita untuk Jakarta yang lebih baik! Salam 2 jari!