Gunakan Hak Pilih dengan E-KTP

 

Pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 akan berlangsung kurang dari 43 hari lagi. Banyak warga yang antusias untuk ikut berpartisipasi. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai pemilih! Jika belum, lihat langkah berikut ini.
 
Idealnya, calon pemilih sudah tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga bisa langsung menggunakan hak pilihnya pada 15 Februari mendatang. Apabila calon pemilih belum tercatat di DPT, calon pemilih dapat menggunakan hak suaranya asalkan mempunyai E-KTP.
 
Nantinya, penggunaan hak suara oleh calon pemilih yang mempunyai E-KTP bisa dilakukan di tempat pemungutan suara yang sesuai dengan alamat E-KTP tersebut.
 
Penggunaan E-KTP ini sesuai dengan Pasal 57 ayat 2 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang menyatakan bahwa ketika Warga Negara Indonesia tidak terdaftar sebagai pemilih pada saat pemungutan, mereka dapat menunjukkan E-KTP.
 
Namun apabila pemilih belum mempunyai E-KTP karena proses perekaman E-KTP sedang dilakukan, masih ada cara alternatif yaitu dengan meminta surat keterangan sebagai pemilik hak suara ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta.
 
Surat keterangan Disdukcapil itu menyatakan bahwa proses perekaman E-KTP sedang dilakukan sehingga belum memiliki bukti fisik. Setelah itu, pemilih dengan surat dari Disdukcapil itu bisa menggunakan hak suaranya satu jam sebelum tempat pemungutan suara ditutup.
 
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 sudah dekat, mari kita pastikan dengan cermat bahwa kamu bisa menggunakan hak pilihmu sebagai warga DKI Jakarta!