Perjalanan Kita Bersama menuju Kemenangan Ahok-Djarot

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kampanye Rakyat pasangan Ahok-Djarot telah menjadi outlet kreatif banyak seniman ibukota. Melalui kampanye Pilkada yang bersifat partisipatif tersebut, kalangan muda telah menyumbangkan berbagai produk hasil kreativitas mereka yang kemudian dilelang atau dijual di serangkaian acara penggalangan dana.
 
Penulis buku AHOK Micky Shoreamanis Panggabean, contohnya, telah menyumbangkan sejumlah bukunya yang dijual di beberapa acara patungan. Sebagian dari hasil penjualan tersebut telah diberikan untuk pendanaan kampanye. Penulis dan blogger tersohor lainnya, Denny Siregar, juga berencana mendonasikan hasil penjualan bukunya untuk mendukung kampanye Ahok-Djarot. 
 
Kalangan dekorator acara juga turut berkontribusi dalam bentuk waktu dan talenta mereka. Wonderworks, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang dekorasi acara dan tanaman hias, menyumbangkan lukisan wajah Ahok sebagai latar belakang studio foto dan karangan bunga meja untuk sebuah acara yang diselenggarakan pada pertengahan Desember. Indigo Photobooth, spesialis foto acara pernikahan dan ulang tahun, juga turut menyumbangkan layanan mereka untuk tamu yang hadir pada acara tersebut. 
 
Dalam hal ini, seniman musik juga tidak mau ketinggalan. Sebagai contoh, Anto Superboy – musisi independen yang berbasis di Jakarta - telah menulis beberapa lagu mengenai sepak terjang Ahok di Jakarta yang rencananya akan dikompilasi menjadi sebuah CD. Guna mendukung Kampanye Rakyat yang sedang berlangsung, Anto Superboy juga bersedia meluangkan waktunya untuk mengisi beberapa acara kampanye.
 
Selaln itu, masih banyak berbagai lukisan bergambar Ahok serta subjek lainnya yang ikut dilelang. Salah satu cerita yang paling mengesankan datang dari lukisan sulam Ahok, di mana lukisan tersebut jatuh pada harga lelang Rp 170 juta dalam sebuah acara. 
 
Berbagai karya kreatif anak bangsa terlahir dari tangan-tangan pendukung Ahok-Djarot. Pasangan yang modern dan inovatif tersebut berhasil mengajak para pendukung untuk membantu kampanye sesuai dengan minat dan keahlian mereka. Strategi Kampanye Rakyat yang mengusung demokrasi memberikan ruang bagi relawan untuk mempersembahkan aksi nyata, sehingga perjalanan Ahok-Djarot menuju kemenangan di Pilkada DKI Jakarta 2017 juga adalah perjalanan kita bersama.