Patungan untuk Ahok-Djarot – Untuk Apa?

 

Jumlah dana patungan yang telah dikumpulkan oleh Ahok-Djarot melalui Kampanye Rakyat telah menembus angka Rp 30 miliar. Nominal ini akan digunakan untuk pemenangan Ahok-Djarot dalam Pilkada DKI Jakarta di 2017 mendatang. Apa saja kebutuhan kampanye yang akan didanai Kampanye Rakyat?
 

1. Operasional Posko Ahok-Djarot

Untuk memastikan kemenangan, tim Ahok-Djarot harus terus melakukan koordinasi dengan matang dan strategis. Seluruh pertemuan untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas kampanye dilakukan di beberapa posko Ahok-Djarot yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Dana Kampanye Rakyat akan digunakan untuk mendanai kebutuhan operasional posko tersebut – dari biaya listrik, pemakaian ATK, konsumsi tim dan relawan, dan masih banyak lagi. Posko kampanye Ahok-Djarot memastikan bahwa kampanye berjalan dengan aman dan efektif.
 

2. Produksi Materi Kampanye

Selama beberapa bulan mendatang, seluruh penjuru wilayah DKI Jakarta akan dipenuhi oleh materi kampanye dari ke-3 calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Materi yang berupa spanduk, baliho, dan stiker, membutuhkan dana produksi yang cukup besar, mengingat banyaknya jumlah titik pasang yang tersebar di kota Jakarta. Selain itu, ada juga materi kampanye digital seperti video dan konten lain yang dapat semakin mendukung kemenangan Ahok-Djarot. Kebutuhan dana ini juga akan diatasi dengan dana patungan dari masyarakat. 
 

3. Pelatihan Relawan

Lebih dari 20.000 jiwa di DKI Jakarta telah mendaftarkan diri menjadi relawan di tim Ahok-Djarot. Tugas dari relawan ini bermacam-macam. Ada yang bertugas untuk mengajak semakin banyak warga menaruh kepercayaannya di Ahok-Djarot. Ada juga yang bertanggung jawab memastikan bahwa pilkada berjalan dengan baik. Dana yang dikumpulkan melalui Kampanye Rakyat juga akan digunakan untuk melatih para relawan.   
 

4. Kampanye Terbuka

Dalam masa kampanye, ada beberapa acara yang dilakukan secara umum dan terbuka. Melalui pertemuan semacam ini, masyarakat luas dapat semakin mengenal sosok Ahok-Djarot dan visi mereka untuk Jakarta yang lebih baik. Acara ini tentu akan memakan biaya, dari penyewaan tempat, sound system dan bangku, hingga honor tim keamanan yang menjaga berlangsungnya acara. Salah satu penggunaan dana dari Kampanye Rakyat adalah untuk melaksanakan kampanye terbuka.