Kesejahteraan Ekonomi untuk Generasi Muda Jakarta

 

"Sekarang banyak orang lahir di Jakarta, lulus di Jakarta, menikah di Jakarta, kerja di Jakarta (namun) tinggal di luar Jakarta.” 

Begitu cerita Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Ahok mengenai permasalahan yang dihadapi khususnya oleh kaum muda, termasuk mereka yang sudah menikah. 
 
Ahok melihat bahwa anak muda dan pasangan muda yang baru menikah dan memulai kehidupan di kota Jakarta mengalami kesulitan dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera. Hal ini disebabkan karena tingginya biaya kebutuhan hidup di ibukota. Misalnya, biaya sewa tempat tinggal yang terlampau tinggi membuat banyak kaum muda memutuskan untuk tinggal di luar Jakarta.
 
“Bayangkan untuk pasangan suami-istri dengan penghasilan di bawah 10 juta, mereka perlu menghabiskan 5 jam untuk bolak-balik dari rumah ke kantor. Ini tidak sehat sekali”, ungkap Ahok.
 
Menanggapi permasalahan ini, Ahok menjelaskan rencana dan solusinya bagi kesejahteraan ekonomi kaum muda. 

“Kami mau membeli semua tanah yang ada, kita mau bangun banyak superblock karena saya ingin tarik kembali orang Jakarta untuk tinggal di Jakarta”, tuturnya.
 
“Termasuk di atas stasiun kami MRT, LRT, dan terminal kami di atas itu adalah apartemen. Kami ingin anak – anak muda dan pasangan muda yang harus menghabiskan waktu 5 jam untuk bolak-balik dari tempat tinggal ke kantor karena tidak sanggup beli rumah agar dia bisa kembali tinggal di  Jakarta. Mereka pasangan muda bisa menyewa apartemen dengan harga kost 3 juta sebulan. Kalau sewa di apartemen mesti bayar 6 bulan, pasangan muda tidak sanggup itu kami subsidi jadi seharga 3 juta saja sebulan”, jelas Ahok dengan mendetil. 
 
Gagasan Ahok tersebut bisa mengurangi pengeluaran biaya hidup pasangan muda, terlebih mereka yang berpenghasilan total dibawah 10 juta rupiah dan tidak mampu membeli rumah di Jakarta. 

“Sehingga motor dan mobil dia tidak perlu beli, dia bisa kredit rumah di pinggiran serta bolak-balik rumah ke kantor dalam waktu 1 jam dengan menggunakan fasilitas transportasi yang ada”, tambah Ahok.
 
Dengan demikian, untuk ke depannya Ahok menjanjikan anak muda maupun pasangan muda bisa memiliki standar kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.