Pertanyaan Umum

Tanya-Jawab seputar Kampanye Rakyat dan Donasi
 
Saya belum mengerti sebenarnya apa itu Kampanye Rakyat?

Kampanye Rakyat adalah program penggalangan dana Basuki-Djarot. Penggalangan dana bisa dilakukan secara online (melalui www.ahokdjarot.id) atau offline (di Cabang BCA terdekat atau di Acara Kampanye Rakyat)

Bukankah Ahok-Djarot didukung partai-partai besar, mengapa perlu lagi penggalangan dana?

Basuki-Djarot ingin agar seluruh lapisan masyarakat dapat ambil bagian di dalam proses demokrasi yang sejati, mulai dari rakyat kecil hingga masyarakat yang lebih mampu. Kami yakin bahwa untuk dapat benar-benar obyektif dan profesional dalam memerintah nantinya, kami harus menjalankan kampanye yang BTP (Bersih, Transparan, dan Partisipatif), khususnya di dalam menjawab dari mana datangnya dana kampanye dan digunakkan untuk apa dana tersebut. Basuki-Djarot berkomitmen untuk memulai suatu budaya baru yang positif untuk demokrasi yang lebih baik lagi di Jakarta.

Saya bukan warga DKI Jakarta atau tidak memiliki KTP DKI Jakarta, bagaimana saya memberi donasi?

Warga yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta atau yang bukan warga DKI Jakarta tetap dapat melakukan donasi dengan cara yang sama seperti warga DKI Jakarta lainya.

Saya bukan warga negara Indonesia, bagaimana saya memberi dukungan?

Jika Anda adalah warga negara asing (WNA) maka Anda dilarang untuk memberikan donasi dalam kampanye Basuki-Djarot. [Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2015, Pasal 49]

Apakah info pribadi saya terproteksi?

Data yang kami terima tidak akan kami sebar kepada pihak manapun.

Apakah aman transaksi melalui online payment?
  • Seluruh donasi online melalui website kami dikelola oleh Payment Gateway Provider (PGP) yang merupakan badan profesional dan terpercaya yang juga bekerja sama dengan Bank BCA sebagai bank resmi yang menyediakan akun rekening kampanye Ahok-Djarot
  • PGP menggunakan sistem 3DS (Three Domain Secure) yang berfungsi sebagai proteksi berlapis dalam transaksi online. 3DS bekerja dengan menggunakan verifikasi identitas pemegang kartu yang menggunakan OTP (One Time Password). Service ini juga dikenal sebagai Verified by Visa atau Master Card Secure Code atau jSecure
  • Selain itu, PGP mengimplementasikan sistem deteksi kecurangan atau Fraud Detection System menggunakan Retail Decision (ReD). ReD dapat mendeteksi kecurangan sampai kepada nominal 10 miliar dolar atau 10 triliun rupiah secara global. Klien ReD termasuk Singapore Airlines, Walmart.com dan Sony Playstation.
Bagaimana cara melakukan donasi?

Donasi dapat dilakukan di:

  • Website kami www.ahokdjarot.id (Kartu Kredit, ATM, Transfer Bank, Internet Banking, Mobile Banking)
  • Kantor cabang BCA (tunai, cek, bilyet giro, surat berharga lainnya)
  • Acara Kampanye Rakyat (Kartu Debit/Kredit)

Donatur wajib mengumpulkan Surat Pernyataan Penyumbang KPU yang sudah diisi secara komplit dan di tanda tangani, dan juga mengumpulkan:

  • fotokopi KTP dan NPWP (untuk Perseorangan)
  • fotokopi NPWP dan fotokopi SK Pengesahan Kementerian Hukum dan HAM (Anggaran Dasar terakhir) (untuk Badan Hukum Swasta)
Berapa minimal dan maksimal jumlah donasi yang bisa di berikan?

Minimum:
Rp. 10.000

Maximum*:

  • Perorangan - Rp. 75.000.000,00 (tujuh puluh lima juta rupiah).
  • Perusahaan atau badan lainya, Rp. 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

[PKPU Nomor 8 Tahun 2015 yang diubah menjadi PKPU Nomor 13 Tahun 2016 Pasal 7]

Bagaimana caranya mengumpulkan Surat Pernyataan Penyumbang KPU?

Surat Pernyataan Penyumbang KPU dapat dikumpulkan di alamat berikut:

Tim Kampanye Rakyat (081290365568)
Jl. Lembang No. 25, Menteng
Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310
Indonesia


Atau, bisa juga di berikan kepada Teman Ahok, di setiap booth Teman Ahok:
Central Park Mall (Lt. LG, depan CIMB Niaga)
Kota Kasablanka (Lt. GF, depan KFC)
Gandaria City (Lt. 2, depan XXI)
Emporium Pluit (Lt. 2, depan Sop Ikan Batam)
Kuningan City (Lt. LG, depan LotteMart)
Mall Kelapa Gading 3 (Lt. Dasar, depan Optik Melawai)

Jika anda melakukan donasi tunai di bank BCA, maka anda dapat mengisi dan mengumpulkan formulir donasi di kantor cabang bank BCA di seluruh Indonesia.

Bagaimana jika saya tidak mengumpulkan Surat Pernyataan Penyumbang KPU?

Jika Tim Sukses BADJA tidak menerima Surat Pernyataan Penyumbang KPU (dan fotokopi KTP dan NPWP), Tim Sukses BADJA wajib mengalihkan dana tersebut kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berwenang di bawah Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Uang tersebut dinyatakan dikembalikan ke Negara karena dinilai tidak sah.

Kapan saya harus mengumpulkan Surat Pernyataan Penyumbang KPU?

Surat Pernyataan Penyumbang KPU sebaiknya segera di isi, ditanda tangani dan di kumpulkan.

Informasi apa saja yang harus dipenuhi dalam Surat Pernyataan Penyumbang KPU? Bagimana jika ada informasi yang hilang?

Agar donasi dapat dinyatakan resmi, donatur wajib memenuhi dan menandatangani Surat Pernyataan Penyumbang KPU yang berisi informasi berikut:

Perseorangan: - Nama - Tempat/tanggal lahir dan umur - Alamat penyumbang - Nomor telepon/telepon genggam (aktif) - Nomor identitas (NIK) - Nomor Pokok Wajib Pajak
 - Pekerjaan - Alamat pekerjaan
 - Jumlah sumbangan
 - Asal perolehan dana

Badan Hukum Swasta: - Nama badan hukum swasta - Alamat badan hukum swasta - Nomor akte pendirian badan hukum swasta - Nomor Pokok Wajib Pajak badan hukum swasta - Nama dan alamat direksi atau pimpinan badan hukum swasta
 - Nomor telepon/telepon genggam direksi/atau pimpinan badan hukum swasta (aktif) - Nama dan alamat pemegang saham mayoritas - Jumlah sumbangan - Asal perolehan dana - Keterangan tentang status badan hukum

Jika melakukan sumbangan secara Online, formulir ini dapat diisi langsung di Website (ketik). Kalau ada informasi yang tidak komplit, Tim Sukses BADJA tidak dapat menerima sumbangan dana Anda.

Apakah NPWP diwajibkan? Bukankah banyak masyarakat yang belum memiliki NPWP?

Ya. NPWP adalah dokumen yang wajib disertakan dalam memberikan donasi kampanye. Ini adalah wujud partisipasi dalam sumbangan dana yang bertanggung jawab. Kami menganjurkan agar warga yang mau menyumbang namun belum memiliki NPWP agar dapat segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP. Proses pendaftaran NPWP online dapat dilakukan di https://ereg.pajak.go.id/login. Dalam waktu tiga hari Anda akan mendapatkan NPWP Anda dari Dirjen Pajak.

Bagaimana saya mendapatkan bukti pembayaran?

Jika Anda menyalurkan donasi di cabang BCA, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran melalui SMS.

Jika Anda menyalurkan donasi melalui website (www.ahokdjarot.id) atau di acara Kampanye Rakyat, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran melalui email.

Untuk apa saja uang donasi yang dikumpulkan?

Donasi yang dikumpulkan diperlukan untuk pembiayaan kampanye. Tim Sukses BADJA sudah berkomitmen untuk mengeluarkan laporan penerimaan sumber dana kampanye dan laporan pengeluaran dana kampanye setiap minggu. Inisiatif ini untuk memastikan bahwa kampanye Basuki-Djarot berjalan bersih dan transparan.

Apakah Ahok Djarot menerima donasi dari perusahaan, organisasi dan kelompok?

Ya. Kami menerima donasi dari perseorangan, perusahaan, organisasi, kelompok, dan setiap macam Badan Hukum Swasta. Namun, untuk validasi pengisian formulir donasi akan membutuhkan beberapa tipe informasi resmi dan fotokopi dokumen tersebut:

Donasi Perseorangan wajib menyediakan:

  • NIK dan fotokopi KTP
  • Nomor Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan fotokopi NPWP


Donasi Badan Hukum Swasta wajib menyediakan:

  • Nomor akte pendirian badan hukum swasta dan fotokopi SK Pengesahan Kementerian Hukum dan HAM (Anggaran Dasar terakhir)
  • NPWP badan hukum swasta dan fotokopi NPWP badan hukum swasta
Saya sudah melakukan registrasi di website dan mendapatkan email, apakah donasi saya sudah masuk ke dalam sistem?

Belum, jika metode pembayaran bukan kartu kredit. Anda masih harus melakukan transaksi dalam metode pembayaran yang Anda pilih (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, atau Tunai). Silahkan mengikuti petunjuk pembayaran yang telah tercantum di dalam email yang kami kirim.

Bagaimana jika saya ingin membatalkan donasi?

Donasi yang telah terkirim dan masuk ke dalam sistem tidak bisa di kembalikan.

Bagaimana jika saya tidak punya rekening bank/bank account?

Anda tetap dapat menyumbang. Anda dapat menyumbang di kantor cabang BCA terdekat dan menyumbang dengan tunai.

Apakah saya bisa memberikan donasi berulang-ulang?

Donasi berulang bisa dilakukan selama tidak melewati batas maksimum donasi:

Maksimum:

  • Perseorangan: Rp. 75.000.000
  • Badan Hukum Swasta: Rp. 750.000.000
Haruskah saya mengumpulkan formulir untuk donasi berulang-ulang dalam waktu yang berbeda?

Harus. Jika anda tidak mengumpulkan formulir tersebut untuk setiap transaksi, dana sumbangan wajib dialihkan kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berwenang di bawah Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Apakah saya bisa mendapatkan nomor rekening Basuki-Djarot untuk mentransfer secara langsung?

Tidak. Semua pengiriman dana online (ATM, transfer bank, Internet Banking, dan Mobile Banking) harus melalui ahokdjarot.id. Dari sana anda akan dapat nomor rekening virtual. Lalu kirimkan donasi Anda ke nomor rekening virtual tersebut.

Sampai kapan saya dapat melakukan donasi?

Kami mulai menerima donasi per tanggal 1 Nopember 2016. Target kami adalah dapat terpenuhinya seluruh kebutuhan dana sebelum akhir tahun.